Moderator debat capres disuap?

capres2009 Debat capres dalam rangka kampanye Pilpres 2009 akan mulai diselenggarakan KPU pada 18 Juni. Namun, permainan politik uang antara moderator dan kandidat diduga akan terjadi. KPU dan Bawaslu pun diimbau untuk mewaspadai hal tersebut.
"Memang saat ini indikasi suap dari kandidat ke moderator belum terlihat. Namun, kalau kedekatan antara kandidat dengan moderator itu sudah terjadi dan hal itu perlu diwaspadai," ujar direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Nasional, Ray Rangkuti, tadi sore.

Ray mengatakan, potensi terjadinya suap yang dilakukan kandidat kepada moderator cukup terbuka. Sebab, setiap kandidat memiliki kepentingan terhadap moderator agar terlihat mampu menjawab berbagai pertanyaan dengan cerdas. Karena kepiawaian kandidat dalam debat ini juga akan mempengaruhi masyarakat menentukan pilihannya.

"Artinya Bawaslu perlu bekerja memastikan para kandidat tidak melakukan kontak spesial dengan moderator sebelum debat capres, supaya tidak ada yang main mata. Tentu kalau ditanyakan mereka berkepentingan, itu sangat," jelasnya.

Debat pasangan capres/cawapres akan dilaksanakan lima kali dengan ketentuan tiga kali debat calon presiden pada 18 Juni, 25 Juni dan 2 Juli dan debat cawapres dilaksanakan dua kali, yaitu 23 Juni dan 30 Juni. Debat capres pertama pada 18 Juni dengan tema mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta menegakkan supremasi hukum dengan moderator pengamat politik Anies Baswedan.

Pada 23 Juni dilanjutkan debat calon wakil presiden dengan tema pembangunan jati diri bangsa akan dipandu Rektor UIN Syarif Hidayatullah Komaruddin Hidayat. Dan 25 Juni kembali debat calon presiden dengan tema mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, dipandu moderator pengamat ekonomi Aviliani.
Selanjutnya, 30 Juni debat calon wakil presiden dengan tema meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dengan moderator Dr dr Fahmi Idris. Terakhir 2 Juli 2009 debat calon presiden dengan tema NKRI, demokrasi dan otonomi daerah akan dipandu Dekan Fisip UGM, Prof Dr Pratikno.

Yang salah sepertinya KPU, kenapa para moderator tidak dirahasiakan ? Seharusnya para moderator dan para panelis dirahasiakan sampai detik-detik dimulainya debat. Masak KPU Pusat kalah sama KPUD sih ? Solusinya bagaimana dong ? Ganti semua para moderator yang telah disebutkan, para moderator pengganti dirahasiakan.Gitu aja kok repot.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politika. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Moderator debat capres disuap?

  1. wahyu am berkata:

    pertamaaaaaaaaxxxxxxxxxxx gan 😀

    wah, kalo udah ada unsur g bener katag gini, pertanyaan dan jawaban jadi tidak valid dong ❓

    hmmm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s