Pilpres Iran, Kartu Suara Akan Dihitung Ulang

protes_anti_AhmadinejadDewan Pengawal Konstitusi Iran mengumumkan bahwa pihaknya bersedia menghitung kembali semua kertas suara seperti yang diminta oleh pihak oposisi setelah pemilihan presiden Jumat lalu. Hasil pemilihan sebelumnya menyatakan Presiden Ahmadinejad kembali untuk masa jabatan kedua.

Sementara itu, Radio Iran menyatakan 7 orang tewas dalam aksi protes hari Senin di Tehran setelah terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Laporan tersebut menyatakan korban tewas berjatuhan setelah sekelompok “preman” menyerang sebuah pos militer.
demo_pro_Mir Hossein Moussavi
Sepanjang yang disaksikannya aksi protes berjalan damai dan secara umum lancar sehingga penjelasan versi pemerintah dianggap tidak tepat. Dewan Pengawal Konstitusi telah menyatakan bahwa perselisihan terkait hasil pemilihan presiden bersifat “sementara”. Dukungan pihak berwenang terhadap Presiden Ahmadinejad melemah.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, telah memerintahkan dilakukannya pemeriksaan terhadap tuduhan pencurangan suara, yang diajukan kelompok oposisi.

‘Demo terbesar’

Pawai hari Senin melibatkan ratusan ribu orang dan merupakan yang terbesar sejak revolusi Iran 30 tahun lalu. Laporan radio mengatakan serangan terjadi pada akhir aksi protes “ilegal” saat peserta sedang pulang ke rumah “dengan damai”.

“Sejumlah preman ingin menyerang sebuah pos militer dan merusak bangunan publik di sekitar lapangan Azadi,” kata radio tersebut dengan mengutip lokasi dilakukannya aksi protes.

“Celakanya 7 orang tewas dan sejumlah korban lain luka akibat insisden itu.”

Sebelumnya, dalam komentar pertamanya setelah terjadi kerusuhan di Iran, Presiden AS Barack Obama mengatakan “sangat prihatin” dengan kekerasan di Iran. Di Washington, Presiden Obama nampak berupaya keras menghindari komentar tentang adanya kecurangan dalam pemilihan.

“Kami menghormati kedaulatan warga Iran dan ingin menghindari Amerika Serikat dijadikan isu didalam negeri Iran,” kata Obama.

Sementara itu, Selasa ini Presiden Ahmadinejad mengunjungi Rusia untuk menghadiri sebuah KTT regional – yang mestinya dilakukan sebelumnya namun ditunda akibat aksi protes tersebut. [bbc]

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s