Penurunan Elektabilitas SBY-Budiono, Tiap 10 Hari Turun 5%. So ?

sby-budi Dalam beberapa pekan terakhir ini elektabilitas SBY-Boediono mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penurunan tersebut diprediksi akan terus berlangsung hingga 8 Juli mendatang.
"Trennya memang SBY menurun. Dari angka 70% sekarang di kisaran 63%. Artinya, sejak tanggal 1 Juni ke 10 juni, ada 5% penurunannya. Kalau kita andaikan per 10 hari, maka tersisa 20 hari ke depan, mungkin pada Juli, suara SBY berkisar di bawah 50%," jelas Direktur eksekutif LIMA, Ray Rangkuti, tadi sore.

Menurut Ray, ada banyak faktor yang menyebabkan menurunnya elektabilitas pasangan yang bernomor urut 2 tersebut. Pertama adalah gencarnya lawan politik SBY-Boediono yang menarik minat massa pemilih.

"Hal itu terlihat dari kampanye Mega-Prabowo dan JK-Wiranto yang menarik minat dan diminati masyarakat," ujarnya.

Selain itu, tutur mantan Sekjen KIPP ini, dalam beberapa bulan terakhir ini tidak ada sesuatu yang istimewa hingga membuat citra SBY naik. Bahkan sebaliknya, beberapa kasus membuat namanya terpuruk. Misalnya, soal Ambalat, musibah Altutista TNI dan TKI yang disiksa di Malaysia serta jubir-jubirnya yang banyak melakukan blunder.

"Kampanye negatif yang diarahkan kepadanya pun cukup efektif yakni, pasangan pilkada, neolib, non muslim, lamban, tebar pesona dan sebagainya," cetus Ray.

Apalagi, ia menjelaskan, tidak ada gagasan menarik yang disampaikan dalam kampanye SBY-Boediono, kecuali hanya mengulang-ulang yang sudah ada alias basi. Malah SBY lebih sibuk menjelaskan isu ketimbang programnya 5 tahun ke depan.

"Lihat saja iklan kampanyenya. Sama sekali tak mengundang visi: iklan presiden indomie dan anti korupsi yang telah diputar berulang-ulang di pileg kemarin. Jadi, besar kemungkinan pilpres kita akan 2 putaran," pungkas Ray yang nama sesungguhnya Ahmad Fauzi.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politika dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Penurunan Elektabilitas SBY-Budiono, Tiap 10 Hari Turun 5%. So ?

  1. nuarta berkata:

    Jangan Ragu Memilih Megawati Prabowo
    http://megaproberaban.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s