Analis: Suara Islam Cenderung JK Win

azazSuara Islam diprediksi akan utuh masuk ke Jusuf Kalla-Wiranto pada Pemilu 2009. Sebab hanya capres nomor urut tiga itu yang merepresentasikan figur Islam dan memiliki kedekatan dengan Ormas Islam.

Guru Besar Sejarah UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra memperkirakan, 80 persen suara Islam akan cenderung memilih pasangan Jusuf Kalla-Wiranto karena pimpinan organisasi Massa Islam mengarahkan pengikutnya kepada pasangan ini.

“Sejauh yang saya lihat, pimpinan Ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah secara implisit dan eksplisit sudah mengarahkan warganya pada Jusuf Kalla,” kata pengamat politik itu di Jakarta, tadi sore.

Pilpres 2009 ini dinilia berbeda dengan Pemilu 2004. Saat Pilpres 2004, suara Islam terpecah-pecah karena banyaknya figur Islam yang bertarung yakni Hasyim Muzadi (NU), Salahuddin Wahid (NU), Hamzah Haz (NU), Amien Rais (Muhammadiyah), dan Jusuf Kalla (NU), sementara pada Pemilu 2009, hanya JK yang mewakili figur Islam.

Menurut dia, ada tiga faktor yang menyebabkan suara warga pemeluk Islam memilih Jusuf Kalla.

Pertama hubungan biologis dan historis antara Kalla dengan NU dan Muhammadiyah, kedua Ormas Islam melihat istri JK-Wiranto lebih Islami karena memakai jilbab, dan ketiga hubungan khusus antara Ormas Islam dengan Kalla selama ini.

“Kalla memiliki hubungan biologis dan historis dengan NU-Muhammadiyah karena dia adalah pengurus NU,” katanya.

Sementara, ibu dan istrinya adalah warga Muhammadiyah, selain itu Kalla pun aktif dalam organisasi KAHMI dan HMI, dan merupakan ketua pengurus masjid di Makassar.

Dari isu istri shaleha, kata Azyumardi, JK-Wiranto juga punya nilai lebih karena istri-istri mereka itu mengenakan jilbab.

“Warga muhammadiyah dan kaum nahdliyin di desa-desa tidak mengerti istilah neolib karena istilah tersebut tidak populer di kampung-kampung. Yang mereka lihat dan disebarkan saat ini isu istri salehah. Karena berjilbab, istri JK-Wiranto dipandang shaleha,” imbuh Azyumardi. (waspada)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politika. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s